Windows Media Player

Windows Media Player

download (4)

Windows Media Player adalah perangkat lunak pemutar musik, video dan gambar (foto) buatan Microsoft. Windows Media Player merupakan bagian dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi playback terhadap berkas multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3(MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya. Bagian yang lainnya dari platform Windows Media, adalah Windows Media Services (dulunya dikenal dengan NetShow Server), yang bertugas untuk mengalirkan data multimedia digital dengan menggunakan teknologi multimedia streaming.

Versi terbaru Windows Media Player adalah Windows Media Player 12.

Sejarah Windows Media Player

Windows Media Player (disingkat WMP) adalah milik digital media player dan aplikasi media perpustakaan yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk memainkan audio, video dan melihat gambar pada komputer pribadi yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows, serta pada Pocket PC dan Windows Mobile berbasis perangkat. Edisi Windows Media Player juga dirilis untuk Mac OS, Mac OS X dan Solaris, tetapi pengembangan tersebut sejak itu telah dihentikan.

Selain menjadi media player, Windows Media Player termasuk kemampuan untuk musik dan musik rip dari copy ke compact disc, membakar cakram direkam dalam format CD Audio atau sebagai data disc dengan playlist seperti CD MP3, mensinkronisasi konten dengan audio digital player (pemutar MP3) atau perangkat mobile lainnya, dan memungkinkan pengguna untuk membeli atau menyewa musik dari sejumlah toko musik online.

Windows Media Player menggantikan aplikasi sebelumnya bernama Media Player, menambahkan fitur di luar video sederhana atau pemutaran audio.

Windows Media Player 12 adalah versi terbaru Windows Media Player pada Juli 2009. Ini dirilis pada tanggal 22 Juli 2009 bersama dengan Windows 7 dan belum dirilis untuk versi sebelumnya dari Windows.

Windows Media Player 11 yang tersedia untuk Windows XP dan termasuk dalam Windows Vista dan Windows Server 2008. : hat: Format File default adalah Windows Media Video (WMV), Windows Media Audio (WMA), dan Advanced Systems Format (ASF), dan mendukung format XML sendiri berdasarkan playlist yang disebut Windows Playlist (WPL). Pemain juga dapat memanfaatkan layanan manajemen hak digital dalam bentuk Windows Media DRM.

Kegunaan dari Windows Media Player

Kegunaan dari Windows Media Player adalah untuk memutar music dan video, namun fungsi windows media player bisa juga digantikan oleh program yang lain, yang kegunaannya hampir sama dengan windows media player itu. Karena, tidak semua jenis file music/video dikenali oleh Windows Media Player, maka fungsi windows media player digantikan dengan software lain seperti Winamp. iTune, K-Lite, Gom, VLC dan lain-lain.

 

Cara Meng-nonaktifkan Windows Media Player

Windows media player adalah aplikasi media player bawaan windows. Sekarang ini banyak sekali aplikasi-aplikasi media player yang telah dikeluarkan oleh pihak ketiga. Dan menariknya aplikasi buatan ketiga tersebut juga freeware atau gratis. Sehingga pengguna komputer kadang lebih suka menggunakan aplikasi windows media player pihak ketiga sebagai aplikasi untuk memutar lagu maupun memutar video, seperti winamp, KMPlayer, Power DVD, VLC Media pLayer, GOMPlayer, dan lain-lain. Nah daripada tidak dipergunakan, windows media player ini sebaiknya dinonaktifkan saja.
Cara disable windows media player bisa diikuti cara dibawah ini :

  • Disable windows media palyer pada Windows xp
  1. Masuk ke control panel
  2. Pilih Add or Remove Programs
  3. Klik atau pilih Add Remove Windows Components
  4. Pada jendela Windows Components Wizard, cari dan hilangkan tanda centang pada Windows Media Player, kemudian klik next
  5. Tunggu sampai selesai (finish)
  • Disable windows media palyer pada Windows 7
  1. Masuk ke control panel
  2. Pada jendela All item view, pilih / klik Programs and Features
  3. Pada panel sebelah kiri, klik Turn Windows Features on or off
  4. Pada jendela Windows Features, expand Media Features.
  5. Hilangkan tanda centang pada Windows Media Player
  6. Jika ada pesan yang muncul klik Yes
  7. Klik OK

Tampilan Windows Media Player

Tutorial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s